MEMBUAT NETWORK(JARINGAN) KOMPUTER - LAN

Kali ini saya ingin berkongsi sedikit tip bagaimana kita hendak membuat network komputer. Tujuannya ialah untuk sharing file dan data ke sebuah komputer yang lain.
Jika anda mempunya lebih dari satu komputer, dan masing-masing ingin menggunakan perkakasan yang lain contohnya printer, data, sharing koneksi internet dan banyak lagi yang lain, kita lakukan dengan membuat network(jaringan) komputer LAN(Local Area Network) yang sederhana.
Contoh perkakasan yang kita biasa digunakan untuk membuat network(jaringan) ini ialah komputer kita harus mempunya NEC(Network Interface Card) atau Eternet Card yang akan menhubungkan antara satu sama lain dengan menggunakan kabel data UTP (Unshielded twiste  pair) iaitu standard untuk membuat jaringan LAN.




 Jika jumlah komputer yang akan di kongsikan hanya 2 buah, kita sekadar cukup untuk menyediakan satu kabel UTP dengan panjang yang sesuai iaitu jarak antara komputer dengan configure(konfigurasi) cross/silang.


    Jika jumlah komputer yang akan di kongsikan lebih dari 2 buah, kita tambah suatu alat yang dinakan switch ataupun hub. Setiap komputer akan duhubungkan ke switch ataupun hub dengan menggunakan kabel UTP yang telah di pasang siap dengan RJ-45 dengan konfigurasi Straight/lurus.



       Configure(konfigurasi Alamat IP) Internet Protocol
      Kalau semuanya sudah di pasang untuk di sharing, konfigurasi alamat Ip amat penting untuk saling saling berhubung antara satu sama lain. Ikuti langkah-langkah di bawah;
      1. Masuk ke Network Connection (start ->control panel->Network connection
      2. Pilih Local Area Netwrok(LAN) connection - Double Clik
      3. PAda tab berikutnya double click pada Internet Protocol ataupun klik properties.
      4. klik use the following IP adress, dan isikan IP adress dan subnet Mask, Contohnya;
      • komputer1  IP Address : 192.168.0.1
        komputer2  IP Address : 192.168.0.2
        komputer3  IP Address : 192.168.0.3
        komputer4  IP Address : 192.168.0.4
      • Subnet MAsk Harus sama; 255.255.255.0
      Untuk menguji ia berhasil ataupun tidak network(jaringan) caranya ada dibawah;
      • Dari komputer 1 - Klik start - run - taip CMD - Tekan Enter. Pada windows command prompt taipkan ping 192.168.0.2 dan enter. Harus ada reply ari komputer 2. Lakukan langkah yang sama pada komputer lain untuk menguji koneksinya.
      Semoga Berjaya....

      source: http://komputertipstrik.blogspot.com

      6 ulasan:

      Post a Comment

      Popular Posts

      My Blog List